TRIP TO PALEMBANG #part5

25 26 27 28 MARET 2017

MUSEUM

            Setelah terkagum-kagum dengan Al-Quran Akbar tadi, kami masih melanjutkan perjalanan hari ini. Kali ini kami akan mengunjungi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi kalo ke Palembang, yaitu Rumah Limas yang menjadi model di pecahan uang Rp.10.000. Hari sudah siang, sebelumnya kami makan siang di sekitar bait Al-Quran Akbar tadi, makan pempek dong. Lokasi rumah yang jadi model itu berada di museum, dan museum itu tutup setiap hari Senin. Kami lupa, untungnya kami masih dibolehin masuk, tadi tidak bisa masuk ke dalam ruang pameran. Untungnya lagi, rumah Limas yang kami cari itu berada di halaman belakang museum, jadi bisa kesana deh.

Museum kembali

Masuk kedalam langsung disambut sama relief yang gede.

Mana arca mana manusia ya??

            Sebenarnya sayang sih, gak bisa masuk liat isi museumnya, tapi mau gimana lagi. Suasana museum saat itu sepi, kami kira hanya kami berdua yang menjadi pengunjung disini, ternyata ada 3 anak SMA juga yang berkunjung. Untuk menuju rumah Limas itu, kami masuk melewati lorong Arca. Lumayan bisa melihat koleksi arca yang ditemukan di sekitaran Sumatera Selatan. Lurus berjalan, lalu belok kekanan. Jalan lurus menuju pagar belakang, lewati gerbang dan sampailah kita di rumah Limas yang ada diuang 10.000 itu. Yeay.. J
Uang sepuluh ribunya sengaja disimpen buat foto disini.

Ini dia rumah Limas yang meng-Indonesia itu.

Komplek Rumah Limas.

GRAMEDIA WOLRD

            Salah satu alasan aku ingin sekali ke Palembang adalah ingin mengunjungi Gramedia yang tebesari di Indonesia. Gilaa ini besar banget Gramedianya. Besar dan luas, awalnya sih gak mau belanja apapun, Cuma mau masuk aja melepas penasaran. Cuma tadi iseng nanya ke pegawainya ada gak komik Assasination Classroom yang kucari, dan ternyata ada dong. Langsung deh aku kalap, aku borong semua seri yang belum aku punya. Bangunan Gramedia ini terdiri dari 3 lantai, lantai 1 dan lantai 2 merupakan area display Gramedianya, lantai 3nya masih kosong, jadi gak bisa naik keatas. Gak hanya buku yang dijual disini, kalian juga bisa belanja mainan untuk anak-anak disini. Pokoknya kayak Gramedia yang ada di kota kalian deh. Buku-bukunya juga lengkap dan banyak. Tempatnya luas jadi asik banget untuk hunting-hunting buku koleksi kita.

Belanja sedikit

Me at GramediaWorld. :)

BERBURU OLEH-OLEH

            Gramedia tadi menjadi destinasi terakhir yang aku ceklis didalam list yang harus aku kunjungi selama berada di Palembang. Ini artinya sudah sah saatnya untuk berburu oleh-oleh. Ingat keluarga dan ingat temen juga dong kalo jalan-jalan kemanapun. Untuk urasa oleh-oleh, biasanya aku berburu gantungan kunci yang desainnya itu melambangkan kota tersebut. Sudah cukup pilih-pilih gantungan kunci untuk diri sendiri dan sahabat, mataku tertuju pada kaos yang Palembang banget. Awalnya gak mau beli, tapi mumpung disini, beli aja deh buat diri sendiri. Itung-itung reward untuk diri sendiri.

Mesjid Agung Palembang

            Lagi asik-asik pilih baju, Heru datang nyamperin kami. Gak kerasa udah masuk waktu Ashar. Di depan toko kami belanja sekarang ada mesjid, kami pun memutuskan untuk sholat disana sambil istirahat sebentar. Terutama Izi, dia capek banget kayaknya nganterin aku kemana-mana selama ada disini. Selesai sholat, bingung mau kemana lagi karena semua tujuan udah dikunjungi. Izi atau Heru yaa yang ngajak ke Mesjid Agung, yasudahlah kita kesana aja buat foto-foto.

Terima Kasih ya Allah atas rejekimu.

TOKO KUE HARUM
           
Dari Mesjid Agung, kami bergerak ke arah pasar 26 sentral Ilir, pusatnya pempek-pempek itu. Heru ngajakin untuk nyobain makanan di toko kue Harum. Heru bilang, di toko ini kita bisa nyobain semua jenis kue tradisional yang ada di Sumatra Selatan, jadi gak Cuma pempek-pempek aja. Tokonya kecil dan waktu kami datang udah banyak yang habis kuenya. Untungnya masih ada stock untuk masing-masing kue yang didisplay. Heru langsung mesen semua kue dong. Hahahaha.. Kuenya itu ada Celimpungan, bluder, Manan Sahmin, Srikaya tape, Engkak ketan, Ragit, Dadar jiwo, Pempek tabok, Kue kojo dan minumannya itu Es Sugu (Susu gula merah) dan itu esnya enak banget. Kue-kuenya juga enak.

Hampir semua menu kita coba, satu menu satu.

Makan-makan ini dipersembahkan oleh Heru. Makasih Heru.

Es Sugu. Ini enak seger banget.

Habis makan, aku sama izi mampir dulu ke pasar pempek-pempek tersebut, mau beliin keluarga yang di Medan, sekarang pempek itu bisa dikirim loh pakai jasa pengiriman apa saja, tapi pastikan nyampenya itu gak lebih dari 3 hari ya. Keluarga yang di Medan udah dibeliin, duit masih sisa, yaudah beliin untuk teman-teman yang didorm deh. Biar nyicip juga.

PULANG
           
            Jalan-Jalan sudah, oleh-oleh sudah. Besok waktunya pulang ke Lagoi. Jadi, dari toko Harum kami pulang deh ke rumah Izi, Saat itu maghrib, pas banget, jadi kami gak kemalaman nyampe rumah Izi. Di rumah Izi pun, mamanya Izi udah nyiapin pempek juga. Pempek homemade untuk makan malam. Kali ini pempeknya dari ikan laut, makanya warnanya hitam. Kalo pempek yang warna putih, itu berarti pempeknya terbuat dari ikan sungai. Begitu penjelasan dari kakak Izi.

Terima kasih banyak Izi atas semuanya di Palembang yaa..

            Pokoknya perjalanan kali ini bersyukur banget bisa melihat semua yang diinginkan, terima kasih yang sebesarnya-besarnya buat Izi dan keluarganya yang bersedia nampung saya selama di Palembang. Terima kasih juga buat Heru dan Abdus yang nemenin jalan-jalan. See you again soon yaa..

Jalan kemana lagi kita??



Jangan lupa untuk ke part 1, part 2, part 3, dan part 4 yaa.. biar nyambung ceritanya.
-S E K I A N-

Comments

Popular posts from this blog

Mari Mengenal Tanaman hias : Ruellia malacosperma, si Kencana ungu yang bisa hidup di mana aja. Kok bisa??

Mari Mengenal Tanaman hias : Turnera ulmifolia atau lebih akrab disebut kembang pukul 8. Looh, kok bisa?

Mari Mengenal Tanaman hias - Syzygium oleana, si Pucuk Merah yang bisa jadi apa saja.