Rindu Lagoi? #The Series

Sudah hampir dua bulan aku resmi meningggalkan Lagoi. Dua tahun bekerja disana tentu bukanlah waktu yang sebentar untuk mengenal secara dekat beberapa orang yang telah membantu dan berpengaruh dalam kehidupan karir dan kegiatan sehari-hariku disana, dan diantara sekian banyaknya manusia yang aku temui selama aku bekerja disana. Berikut adalah orang-orang yang berkesan bagiku.

Pak Ery Azhari dan Keluarga

Pak Ery adalah salah satu petinggi di departmenku. Beliau bertanggung jawab terhadap masalah mekanik dan listrik. Beliau ini orangnya tegas dan paling concern masalah safety para pekerja. Awal bertemu dengan Beliau kesan yang aku tangkap adalah, galak dan tegas, keliatan sekali dari wajahnya.

Aku dan Pak Ery

Jujur aja aku sempat takut dengan Beliau dan di awal masuk kerja sempat mencoba menghindar dari beliau, takut diuji secara lisan. Soalnya kebiasaan Beliau ini emang gitu, setiap ada karyawan baru yang masuk ataupun anak magang yang masuk, biasanya suka ditanya-tanyain sama Beliau, aku bilangnya sih ujian lisan, dan cara nanya Beliau ini yang buat kita ragu dengan jawaban kita sendiri padahal jawaban kita benar. Aku sempat mengalami masa-masa itu, sempat merasa jadi gak tau apa-apa terhadap keahlianku saat ditanya Beliau.

Ku akui deh di usianya yang sudah gak muda lagi, Beliau ini bapak yang pintar, pengetahuannya luas dan daya analisisnya juga tajam. Daya ingatnya juga kuat, beliau masih hapal tuh rumus-rumus fisika dan matematika SMA dan kuliah, jika dibandingkan dengan awak, kalah lah awak.

Dibalik ketegasannya, menurutku, Beliau ini adalah orang yang baik. Saat awal masuk, aku masih tidak tau tugas utamaku apa disini, aku gak tau harus berbuat apa, atasanku sedang sibuk mempersiapkan Grand Opening, jadi belum sempat nge-briefing aku. Tinggallah aku dikantor diem aja, jalan ke workshop, ke pantry, pulang. Masuk, buka-buka dokumen lama, nebak-nebak jobdesk, ke workshop, ke pantry pulang. Begitu trus selama dua minggu.

Mungkin Beliau melihat kegabutanku kali ya, hingga suatu sore, jam 4 sore kalo gak salah, Beliau balik ke kantor dengan mobil 95-nya, liat aku diem gak jelas di workshop, akhirnya ngajak ngobrol dan nanya ke aku, apakah aku sudah tau kerjaanku ngapain? Aku jawab belum pak, nah Beliau dengan baik hati ngejelasin deh, tugas-tugas yang harus aku lakukan. Aku diajak berkeliling keliling kawasan, sambil diliatin apa-apa saja yang harus aku rawat, aku jaga dan yang bisa aku kembangkan. Beliau juga yang memberitahu aku keinginan-keinginan para atasan terhadap section aku. Mulai dari situ lah, aku mulai gak takut lagi sama Beliau dan mulai respect terhadap beliau.

Aku ingat sekali, waktu itu, saat seminggu sebelum lebaran. Beliau cerita dia akan ke Batam bersama keluarganya untuk menjemput anaknya yang kuliah di Pekanbaru sekaligus belanja kebutuhan lebaran keluarganya. Beliau menawarkan aku untuk pergi ke Batam bersama keluarganya, kebetulan masih ada satu bangku kosong di mobilnya.

(Saat itu adalah lebaran pertamaku di Lagoi, jadi gak tau mau beli baju lebaran dimana. Mau beli baju di Medan juga aku belum dapat cuti, sehingga libur lebaranku hanya mengandalkan libur dari tanggal merah di kaleder. Ketika itu lebaran jatuh pada hari Kamis dan Jumat, Sabtu dan Minggu aku libur, jadi aku ada waktu libur Kamis-Minggu di Medan, gak ada waktu untu beli baju lebaran di Medan)

Mendapat tawaran seperti itu, aku lantas menghubungi Ashari, temen SMA ku yang kerja di Batam, apakah aku bisa nginap semalam di kosannya dan membawa aku jalan-jalan keliling Batam sebentar, setelah mendapat jawaban iya dari Ashari, saat sholat teraweh aku mengiyakan ajakan Beliau tersebut.

Pak Ery dan Bang Bob.

Walaupun kedekatan aku dengan Beliau tidak sedekat aku dengan Bang Bob, tapi diantara bapak-bapak yang ada di departemenku, boleh dibilang aku paling dekat dengan Beliau. Kami sering ngobrol berdua di workshop ataupun ruang tengah di saat waktu luang kami. Seringnya setelah keliling cek lapangan, aku balik ke kantor dan salah satu orang yang kucari adalah Beliau, cukup duduk disamping atau di hadapan beliau, lalu mengalirlah bahan obrolan kami. Apa saja kami bahas dan obrolin, mulai masalah kerjaan, anaknya ( si Hafiz), kesehatan, politik, sejarah, teknologi kebudayaan apa saja kami bahas. Ngobrol, lebih tepatnya diskusi deh.

Aku senang berdiskusi dengan Beliau, soalnya nyambung aja kalo diskusi dengan Beliau. Banyak ilmu baru yang aku dapat dari hasil diskusi beliau. Beliau juga salah satu problem solver yang hebat, kadang kalo aku bingung dengan masalah kerjaan, aku suka nanya kepada Beliau mengenai solusinya gimana. Beliau juga gak sungkan untuk berbagi pengalaman hidupnya selama ini ke aku, pengalaman dia kerja di perusahaan ini, dari pengalamannya itu aku bisa ambil beberapa pelajaran hidup dan lebih hati-hati lagi untuk kedepannya. Satu sisi aku bangga sih beliau mau seterbuka itu sama aku, satu sisi ya aku harus jaga kepercayaannya untuk tidak menjaga hasil diskusi kami selama ini.

Waktu aku memutuskan untuk resign, Beliau tidak ku beritahu dari awal, karena permintaan atasanku untuk merahasiakan ini, entah apa tujuannya. (Saat itu sih aku mikirnya mungkin kabar ini akan menjadi kejutan bagi departemenku saat acara bonding nanti). Sebenarnya aku ingin bilang ke beliau seminggu sebelum aku pergi. Saat itu dipujasera, saat beliau mengembalikan motorku yang beliau pinjam, aku mau jujur dan cerita, tapi saat itu kondisi pujasera ramai, dan beliau didatangi karyawan koperasi, (Beliau termasuk petinggi di koperasi perusahaan) jadinya aku urungkan niatku.

Namun, enggak perlu harus nunggu sampai hari Bonding tiba, kabar aku resign dari perusahaan sudah tersebar di departemenku.Beliau sendiri tau kabar aku resign dari teman beliau dibagian HRD. Waktu Beliau denger kabar itu, beliau langsung pergi menuju ruanganku, saat itu aku sedang merapikan file-fle di laptop untuk memindahkan data pekerjaan ke komputer kantor. Kalo aku ingat-ingat lagi, saat itu sikap aku terlalu cuek sih waktu mengkonfirmasi berita tersebut ke beliau. Sementara beliau terlihat kaget dan terlihat sedikit gak percaya. Saat aku jawab "iya pak!", Beliau bilang "ok lah" langsung beliau berbalik arah mau balik keruangannya, namun sebelum pergi, saat beliau berbalik, beliau berhenti sebentar di depan ruangan, aku gak tau apa yang dipikirkan beliau, gak lama beliaupun pergi. Melihatnya begitu, aku semakin bersalah kepadanya karena tidak cerita dulu kebeliau, yaa setidaknya menanyakan pendapat ke beliau dulu lah, apalagi beliau termasuk orang yang aku hormati disini.

Ketika acara bonding ETD Dept 2017, Awalnya ini aku mau foto berdua dengan Pak Ery, eh seketika banyak yang ikutan 

Keesokan harinya, aku masih masuk kerja. Saat di workshop, seperti biasa, usai keliling mengecek kondisi lapang, aku ke pantry dan melihat beliau lagi duduk disana. Seperti biasa, aku samperin untuk ngobrol kayak biasa. Topik kali ini tentu serius, beliau nanya alasan aku resign, yaa aku jawablah sebenarnya, aku kemukakan pandanganku selama aku kerja disini, apa yang kurasakan semuanya aku kemukakan ke beliau dan alhamduillahnya beliau mengerti. Maaf ya pak, gak bilang lebih awal.

Hafidz Adh Dhuha

        Hafis adalah anak bungsunya Pak Ery. Awal kenal Hafis itu waktu bulan Ramadhan pertamaku di Lagoi. Jadi si Hafis ini menjadi salah satu bilal teraweh di mesjid Al-Muhajirin. Nah diantara beberapa bilal yang ada, entah kenapa suara si Hafis ini yang paling teringat di kepala. Waktu itu aku belum tau nama Hafis. Aku jadi penasaran, maka saat sholat teraweh aku selalu merhatiin nih waktu ada pengumuman siapa bilal malam ini, jadi tau nama anak yang aku penasaran ini adalah Hafis.

Namanya Hafiz, susah banget kalo mau difoto.

         Selama bulan Ramadhan, aku sama sekali gak ada kesempatan kan untuk kenalan atau ngobrol-ngobrol dengan Hafis, ya maklum saat itu aku masih jadi pendatang disana, jadi agak segan lah. Ternyata takdir berkata lain. Saat Pak Ery ngajak aku ke Batam bareng, disitulah aku baru tau kalau si Hafis ini adalah anaknya Pak Ery.

     Hafis ini anaknya pendiam dan pemalu sekali. Dia hanya akan menjawab dengan jawaban-jawaban singkat dari setiap pertanyaan kita. Jadi harus ekstra sabar kalo lagi ngobrol sama dia. Usai Ramadhan, kesempatan aku untuk bertemu dengan Hafis itu hanya di mesjid saat sholat maghrib, kebetulan Hafis ikut pengajian malam di mesjid. Jadi ya kami hanya punya waktu ngobrol yang singkat kalo ketemu di mesjid. Dari hasil obrolan ringan itu dan informasi dari ayahnya, ternyata Hafis ini sedang hobi-hobinya fotografi, kebetulan aku juga suka fotografi dan memiliki kamera di dorm, jadi akupun berencana untuk meminjamkan kameraku ke Hafis untuk dia pakai. Untuk menyalurkan hobinya.

      Melihat Hafis, aku seperti melihat diriku sendiri saat seusianya, jadi setidaknya aku paham dengan keinginannya untuk mengeksplorasi potensi dalam dirinya sendiri. Selain fotografi, dia juga tertarik dengan dunia tanaman hias. Sebulan sekali atau dua bulan sekali aku megundang Hafis untuk ke nursery perusahaan untuk mengenalkan dia dengan tanaman hias lain. Di sekolahnya juga Hafis ini kebetulan dapat tugas untuk merombak taman kelasnya, jadinya di sering konsultasi ke aku tentang tanaman dan komposisi tanaman yang baik seperti apa. Aku sih seneng-seneng aja ya membantunya. Ada perasaan senang gitu saat dia memulai chat duluan untuk bertanya masalah tanaman.

       Sejak masuk SMA, Hafis pulang kerumah saat hampir maghrib, jadi kami gak intens lagi bertemu di masjid. Makanya kalo gak sengaja ketemu sama Hafis di pujasera atau di Lagoi Bay aku tuh seneng banget, langsung samperin dia untuk ngajak ngobrol. Walaupun ngobrolnya harus ekstra sabar ya sama ini anak. Tapi lihat ekspresi wajahnya saat menjawab pertanyaan kita tu lucu sekali, ada perasaan senang menyeruak di dada. Yup, Hafis telah menjadi moodbooster aku disini.

       Beberapa kejadian yang memorable sama Hafis itu salah satunya adalah saat dia pertama kali main ke dorm aku di type B. Waktu itu dia mau minjam kameraku. Waktu itu kami belum memiliki kontak satu sama lain di hp. Jadi janjiannya terjadi saat usai sholat maghrib. Aku bilang dorm aku ada di Type B di dorm bawah, tapi si Hafis malah naik ke lantai dua dimana disitu dihuni oleh karyawan perempuan. Waktu Hafis cerita dia nyasar ke atas, aku ngakak sekali. :D Nah semenjak dari sini kami mulai bertukar kontak satu sama lain. Untuk beberapa waktu kedepan kami hanya berkomunikasi via messeger.

        Sebenarnya aku bisa saja minta no hp dia ke bapaknya, Cuma gak seru aja menurutku. Lebih seru dan lebih berharga kan kalo dikasi sendiri sama Hafis. Intensitas aku ngobrol sama hafis itu gak jauh-jauh dari urusan kamera dan tanaman hias. Hanya dua urusan itu, gak lebih. Semua bahan obrolan aku dengan Hafis semuanya aku kasih tau juga ke bapaknya, Pak Ery, biar bapaknya mengetahui perkembangan anaknya, dan akunya juga ngerasa enak aja, sekaligus untuk meyakinkan bapaknya kalo aku tidak membawa dampak buruk ke anaknya. Mungkin karena inilah Pak Ery terkadang mengajakku diskusi tentang perkembangan dan masa depan Hafis. Berat gak tuh bahasannya. Hehehehehe.

        Peristiwa lain yang memorable itu, saat event Hari Kasih Sayang II. Event ini diinisiasi oleh departemen Community Development. PIC-nya adalah Mas Bakti, temen satu dorm aku. Sudah jauh-jauh hari aku mewanti-wanti Mas Bakti untuk mengikutsertakan aku ke event ini. Jadi volunteer. Hari Kasih Sayang II kegiatanya adalah mengunjungi resort-resort yang ada di sekitaran Lagoi. Makanya aku semangat, biar bisa masuk  dan melihat-lihat resort secara gratis. Waktu itu aku kebagian resort The Sanchaya. Resort paling mahal dan salah satu resort paling private disini. (Hebat juga mas Bakti bisa melobi resort ini). Tugasku di event kali ini hanya mengawasi anak-anak SMP yang study tour ke resort. Nah kebetulan sekali Hafis juga ikut tour ini dan masuk dalam kelompok anak yang harus aku awasi. (Sebenarnya ini aku yang ngatur sih, aku yang minta ke mas Bakti). Wkwkwkwkwk

Ngawas anak-anak sekaligus jadi fotografer pribadi Hafiz

     Lumayan banyak juga kenangan aku dengan Hafis, kenangan yang selalu membuat aku tersenyum. Saat dia akan daftar GMC (awalnya nolak untuk kutemani waktu wawancara, pagi-pagi ketika hari wawancara, malah ngetok jendela kamar minta temenin J), ikutan GMC, acara pramuka di reservoir, waktu dia aku minta untuk desain salah satu taman di lingkungan kantor, saat dia berkunjung ke nursery (ngambil bibit bunga), belajar teknik stek dan motong tanaman hias dst.

       Puncaknya sih, waku dia minta ditraktir makan di salah satu cafe baru di simpang Lagoi di malam terakhir aku di Lagoi. L. Setelah dia mengetahui kabar aku akan resign dari bapaknya, malamnya dia ngechat aku nanyain kebenaran akan hal itu. Aku ngerasa diwawancara sama dia malam itu via chat, di introgasi, dan ujung-ujung dari wawancara itu adalah secara mengejutkan dia minta ditraktir.

Makan malam

        Hari Jumat, dua hari lagi aku akan kembali ke Medan. Malam ini adalah malam aku dan Hafis janjian. Setelah keliling Tanjung Pinang pada pagi dan siang harinya, usai maghrib aku menjemput hafis ke dormnya. Aku piker orang tuanya akan ikut, tenyata enggak. Jadi malam itu hanya aku dan Hafis saja yang pergi. Pada acara makan malam itu, untuk pertama kalinya juga aku melihat Hafis lebih aktif dari biasanya, dan emang dasar ya anaknya pemalu sekali. Mau minta foto aja dia harus memastikan dulu tidak ada seorang pun didaerah itu yang sedang melihat kearah kami. Alhamdulillah bisa foto selfie berdua dengan si Hafis, soalnya selama ini susah sekali untuk foto ni anak.

Yees.. Selfie berudua juga dengan Hafiz. Prestasi buat aku nih.

         Itulah cerita aku dengan keluarga Pak Ery Azhari, terutama dengan Hafis. Terima kasih Pak Ery atas kebersamaannya selama ini, terima kasih sudah mau sharing pengalamannya dan sudah mengizinkan saya untuk berteman baik dengan Hafis. Terima kasih atas pembelajaranya selama ini ya pak. Untuk Hafis, terima kasih ya atas waktunya selama ini, maafin om kalau banyak ganggu hafis. Tetap keep contact ya. Semoga kita bisa bertemu kembali di lain waktu yaa. Terima kasih.:)

Siapa lagi yaa?? Sudah baca mengenai Bang Bob belum? kalau belum, baca disini.

Comments

Popular posts from this blog

Mari Mengenal Tanaman hias : Ruellia malacosperma, si Kencana ungu yang bisa hidup di mana aja. Kok bisa??

Mari Mengenal Tanaman hias : Turnera ulmifolia atau lebih akrab disebut kembang pukul 8. Looh, kok bisa?

Mari Mengenal Tanaman hias - Syzygium oleana, si Pucuk Merah yang bisa jadi apa saja.