Mari Mengenal Tanaman hias - Syzygium oleana, si Pucuk Merah yang bisa jadi apa saja.


agusmanlubis.blogspot.com - Perkenalkan, nama bunga ini adalah Syzygium oleana" atau lebih akrabnya di panggil pucuk merah. Pasti kalian pernah melihatnya deh, karena tanaman ini pernah booming pada masanya dan tersebar hampir diseluruh penjuru taman dan jalan di Indonesia.  

Syzygium oleana yang ditanam sebagai tanaman pengarah
dok. penulis

Morfologi

Tanaman hias yang termasuk dalam famili Myrtaceae ini sangat fleksibel. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman pagar, tanaman peneduh, poin of interest dalam taman, ataupun tanaman pengarah. Cukup lakukan pemangkasan rutin, dan bentuk sesuai keinginan anda. Jika tidak dipangkas rutin, pucuk merah dapat tumbuh hingga 6m dan lebar 2m dengan bentuk tajuk cenderung kolumnar. Bunga bewarna putih, tumbuh berkelompok pada ujung tangkai. Buah berukuran kecil bewarna ungu kehitaman  (Lestari dan Kencana 2015)

Pucuk merah ditanam bersama Palem sebagai tanaman pengarah'
dok. penulis


Daya tarik tanaman hias ini adalah warna daun muda yang bewarna merah cerah dan berangsur2x menjadi merah kekuningan lalu menjadi hijau tua saat dewasa. Periode perubahan warna daun tersebut bisa berlangsung selama 6 bulan. Penyebab warna merah tersebut dikarenakan kandungan klorofil pada daun muda yang sangat rendah, berkisar (0.45 mg/g). Sedangkan pada daun yang bewarna hijau, kandungan klorofilnya adalah (3.83 mg/g)2. Faktor-faktor eksternal yang menyebabkan warna merah pada Syzygium oleana adalah : peningkatan suhu rata-rata, curah hujan, hari hujan, lama penyinaran, dan kelembapan udara (Kusumawati 2018).


Syzygium oleana dibentuk persegi dan ditanam sebagai tanaman pagar.
dok. penulis

Habitat hidup

Menurut literatur, Pucuk merah bisa hidup di dataran rendah (1-700 mdpl) dan di dataran tinggi ( >700 mdpl). Tanaman ini termasuk tanaman yang membutuhkan air sedang, sekedar untuk menjaga kelembapan media saja. Tanaman ini juga mampu tumbuh di tempat yang terkena cahaya matahari penuh (full sun). Kisaran kelembapan relatif yang baik untuk tanaman ini berada di kisaran 40-50 %. (Lestari dan Kencana 2015)

Pucuk merah ditanam sebagai tanaman peneduh pada area parkir
Tanaman Pucuk Merah ditanam sebagai tanaman peneduh area parkir
dok. penulis

Cara perbanyakan

Syzygium oleana termasuk gampang-gambang susah untuk dikembangbiakkan. Menurut literatur, tanaman hias ini bisa diperbanyak dengan metode stek dan lewat biji. Sampai artikel ini dimuat, menurut pengalaman penulis, perbanyakan lewat biji adalah metode perbanyakan paling efektif. Dari semua biji yang disemai, 90% biji berhasil berkecambah da hidup sampai menjadi bibit. Berbeda hasil dengan metode stek, 90% gagal.

Bibit Syzygium oleana. Bibit dibesarkan dari persemaian biji
dok. penulis


Apabila dikawasan anda ada pohon pucuk merah dewasa. Coba lihat bagian bawah pohon tersebut. Bisa jadi ada bibit-bibit pucuk merah tumbuh secara liar, ambillah bibit tersebut dan besarkan. Metode ini cukup efektif penulis lakukan.


Pohon pucuk merah dewasa, sebagai tanaman screen dan juga indukan.
dok. penulis

Tanaman pucuk merah, termasuk tanaman yang gampang-gampang susah untuk dirawat. Pemupukan dilakukan 1 kali/  3 bulan, pemangkasan dilakukan secara insidental. Namun, untuk pucuk merah yang dibentuk. Buatlah penjadwalan rutin pemangkasan untuk menjaga bentuk. Lalu perhatikan kebutuhan airnya, pastikan cukup, karena bila kekurangan air, maka akan muncul spot kering dalam satu pohon dan ini akan merusak keindahan tanaman.

Manfaat

Selain manfaat estetika, Pucuk merah memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

1. Mencegah longsor, karena memiliki sistem akar tunggang yang kokoh.

2. Menyimpan cadangan air. Sehingga dapat diandalkan saat musim kemarau tiba.

3. Menyerap Co2 lebih banyak

4. Pagar, bila pucuk merah ditanam rapat, tanaman ini akan membentuk pagar yang cantik dan dapat mempelambat laju angin.

Harga

Kamu  bisa membeli tanaman hias ini di toko-toko online yang ada. Harganya berkisar 7rb - 15 rb rupiah di tokopedia, shopee dan bukalapak. Jadi, sudah cukup kenal gak dengan si Pucuk Merah? Terima kasih dan semoga bermanfaat. Salam :)


Sumber

Kusumawati Lani. 2018. Dinamika Warna Daun Pohon Dan Aplikasinya Dalam Taman [skripsi]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.

Lestari G, Ira Puspa Kencana. 2015. Tanaman Hias Lanskap Edisi Revisi. Jakarta (ID) : Penebar Swadaya.

Comments

Popular posts from this blog

Mari Mengenal Tanaman hias : Ruellia malacosperma, si Kencana ungu yang bisa hidup di mana aja. Kok bisa??

Mari Mengenal Tanaman hias : Turnera ulmifolia atau lebih akrab disebut kembang pukul 8. Looh, kok bisa?