TURUN 10KG DALAM WAKTU 8 BULAN TANPA OLAHRAGA BERAT


Halo, kali ini aku mau ngeshare tentang cara yang aku lakukan untuk bisa menurunkan berat badanku. Sebelumnya pada Agustus 2018, berat badanku itu mencapai 77 kg. Dan sekarang saat aku menulis ini berat badanku sudah berada diangka 67 kg. Pertama kali nimbang dan sadar berat badanku sudah 67 kg itu pada bulan April 2019.

kiri 77 kg - kanan 67 kg

Jadi, yang aku lakukan untuk menurunkan berat badan itu adalah DIET. Diet dalam artian, mengontrol asupan makanan yang masuk kedalam tubuhku. mengikuti kata mbak Dewi Hughes, namanya Diet Kenyang. apa itu dietkenyang? kalian bisa cek di youtubenya mbak Dewi Hughes. Tapi aku tidak 100% mengikuti apa yang dilakukan mbak Dewi Hughes yaa, karena metode yang dilakukan beliau, berat untukku, aku hanya mengambil sedikit ilmu yang disampaikannya saja.

Oke, jadi gini. Bila kita ingin melakukan diet. Hal pertama yang aku lakukan adalah, MENYADARI bahwa diriku ini sudah GENDUT. GENDUT yang sudah mengganggu kehidupanku. (kriteria orang bisa berbeda). Jadi aku sadar, kalau berat badanku yang 77 kg itu sudah menganggu aktivitasku sehari-hari. Jalan jauh dikit capek, naik tangga ngos-ngosan. gerakan sholat juga udah gak bisa sempurna, pakaian-pakaian sudah mulai kekecilan, kalau difoto, keliatan bengkak, banyak dibilang "kamu gendutan sekarang". Enam poin diatas sebenarnya yang paling mengangguku, kalau yang terakhir sih, bodoh amat. Sama satu lagi, aku gampang banget jerawatan. akhirnya, karena mulai risih dengan keadaan saat itu, akupun ber-NIAT untuk melakukan diet.

1. NIAT.
Niat adalah poin utama yang harus kalian tanamkan dalam alam bawah sadar kalian saat sedang melakukan diet. Niat inilah yang akan menjaga kalian tetap konsisten dalam menjalankan program diet, karena jujur saja ditengah jalan program diet, biasanya ada perasaan menyerah, malas, dan capek untuk melanjutkan diet. aku juga begitu. Kalau sudah begini, aku selalu mengingat tujuan awalku untuk diet itu apa. tujuan awalku untuk diet itu ada pada poin-poin niat tadi. Ku ulangi yaa..
  1. Aku gak mau keliatan gampang capek saat baru jalan beberapa menit
  2. Aku gak mau mudah ngos-ngosan saat baru menaiki beberapa anak tangga
  3. Aku gak mau keluar uang lebih hanya untuk membeli pakaian dan celana baru yang ukuran lebih besar dari seakarang, (mahal cuy). Padahal pakaianku masih bagus-bagus.
  4. Aku gak mau kesusahan duduk diantara dua sujud saat  sedang sholat
  5. aku gak mau terlihat bengkak saat difoto.

Lima alasan ini selalu menjadi penyemangatku untuk kembali menjalankan program diet. Kalau kamu apa??

2. KENAL.
Yuk, kenali tubuhmu. Kalau kamu searching di gugel atau nonton di youtube tentang diet, maka banyak sekali daftar program diet yang muncul. Padahal tidak semua program diet itu cocok untukmu. Nah caranya, kamu harus mengenali dirimu dulu. Ada penyakit kronis gak, ada alergi gak, berat badan ideal kamu berapa, dll. Kalau aku sih, saran diet ini aku dapatkan dari hasil medical check up saat akan melamar kerja, jadinya aku hanya perlu menurunkan berat badan sesuai tinggi badan, lalu disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi junk food. jadi aku hanya perlu fokus kesitu, untuk tekanan darah, kolesterol dan kadar gula semua normal. Jadi aku lebih mudah untuk menentukan diet apa yang mau kau jalani. Di tahap ini juga aku sadar, kalau lingkar perut aku itu sudah diambang batas normal. Kata dokter yang meriksa kemarin, alangkah lebih baik kalau aku bisa mengurangi keliling lingkar perut. Baiklah dicatat. 

3.BATASI
Jadi, goals diet aku adalah berat badan turun dan lingkar perut berkurang. Bagaimana caranya ya supaya sampai pada tujuan ini? Dari hasil medical check-up, aku disarankan untuk melakukan kegiatan aerobik seminggu 5x. Aduuh males deh. Jadi aku browsing cara untuk mengurangi berat badan. rata-rata informasi yang keluar adalah dengan mengurangi makanan. Lebih spesifik lagi mengurangi asupan karbohidrat yang masuk. Jadi aku harus mengurangi makan nih (pikirku saat itu). Mulai deh itu, aku mulai kurangin makan. tapi ternyata gak enak. Aku yang suka mengunyah ini gak bisa kalau gak ngunyah, Lalu bagaimana caranya agar aku bisa ngunyah, tetapi berat badan tidak naik? Dari pertanyaan ini, aku sampai di vlognya mbak Dewi Huges yang membahas tentang "Diet Kenyang" Sounds good kan? Nah, setelah mempelajari pola diet tersebut, akupun memodifikasinya sesuai dengan kemampuanku. Jadi ini yang aku lakukan :

No
Kebiasaan Lama
Saat Diet
1.
Makan dengan satu porsi piring nasi
Makan dengan 1/2 porsi nasi. Jadi saat dimanapun aku makan, aku selalu pesen nasinya 1/2.

2.
Minum teh manis dengan 3 sendok gula makan
·Minum teh manis manis dengan 3 sendok gula teh. Sama-sama 3 sendok, tapi gramnya jauh berbeda.
· Mengurangi minum teh manis, (intinya mengurangi asupan gula pasir)

3.
Pesan jus buah biasa. (biasanya penjual menambah gula dan susu)
Pesen jus buah dengan sedikit gula tanpa susu

4.
Minum air putih kalau haus doang
Rutin minum air putih. Aku memasang alarm setiap jam untuk minum air putih (efeknya ke jerawat, jerawat berkurang)

Minum dengan posisi duduk.

5.
Makan gorengan 2 buah setiap hari kerja (biasanya bakwan dan risol)
Makan gorengan 1 buah pada hari kerja. (Jenisnya sekarang tempe goreng, kalau bakwan, kebanyakan tepung)

6.
Makan malam bebas
·Makan malam termasuk cemilannya dibawah jam 9 malam.
·Mengurangi cemilam malam, biasanya setiap malam, saat ini, seminggu 2 kali saja.
·Berhenti dari segala aktivitas mengunyah saat jam 9 malam.

7.
Ngemil snack micin dan junkfood
·Cemilannya diganti dengan kacang rebus, jagung rebus, kalau tidak ada, ya tidak ngemil.
· Ngemil micin dan junkfoodnya  sesekali doang, sebulan sekali.

8.
Tidur larut malam
Mengusahakan sudah tidur pada jam 10 malam.


Itu semua aku jalanin dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Intinya ada beberapa asupan makanan yang dikurangi seperti karbohidrat dari nasi, gula, dan garam. Awal-awal ngerasa masih lapar dan hambar. Tapi karena niat yang kuat, lama-lama jadi kebiasaan. Aku masih makan 3x sehari kok.

Untuk sarapan, aku biasanya tidak makan nasi, tapi aku ganti dengan bubur atau bihun goreng yang dicampur dengan pecal sayur. Makan siang seperti biasa dengan porsi nasi setengah. Begitupun dengan makan malam. Pernah satu waktu, aku coba untuk tidak makan nasi sama sekali. Aku jatuh sakit. Dari pengalaman ini, aku kembali lebih mengenal diriku, bahwa aku tidak bisa hidup tanpa nasi. Nasi harus masuk ketubuhku walaupun porsinya sedikit.

4.LEMON
Tiga bulan pertama menjalani program diet yg aku rancang sendiri, aku belum merasakan efek yang sangat signifikan. Sempat mau nyerah dan mau bersikap bodoh amat, tapi karena 3 bulan itu aku sudah terbiasa dengan pola makan tersebut. Saat kembali ke kebiasaan lama, tubuhku ngerasa aneh. Jadi aku memutuskan untuk tetap mengikuti pola makan yang baru.


Bagian lingkar perut adalah bagian yang paling aku cemaskan. kok belum kempes-kempes sih ini perut. Masa harus olahraga? mageer.. Jadi aku browsing deh tips-tips menghilangkan perut buncit secara alami. Dari hasil risetku. Minum air lemon hangat adalah metode yang aman untukku. Aku mencoba resep lemon hangat itu selama seminggu. Pagi sebelum sarapan, dan malam sebelum tidur. Hasilnya baru bener-bener kerasa pada hari ke-tiga. Perut buncitku berangsur mengecil, otot perutkupun bisa kurasakan kembali. BAB lancar, dan aku merasakan badanku semakin ringan. Lebih lanjut, ternyata air lemon itu bagus juga untuk mendetoksifikasi tubuh. Kebiasaan minum air lemon hangat tidak berlangsung lama, karena aku males nyiapin setiap hari. Setelah merasakan perubahan nyata dibagian perut, minum air lemon aku kurangi, jadi sehari sekali. Sekarang aku kurangi lagi, 3 kali dalam seminggu.

5. OLAHRAGA
Rasanya mustahil sih, mau diet tanpa olahraga. Jadi aku searching di internet jenis olahraga ringan, yang beneran ringan. Bisa dilakukan didalam kamar dan efeknya bisa buat kita keringetan selesai melakukannya. Aku nemu nih. Aerobik Low Impact di youtube. Gerakannya bener-bener sederhana, dan waktunya juga sebentar, gak sampe 1 jam. Aku mengikuti tutorial aerobik ini di kamar pada hari minggu. Yaa 1 jam di weekend dipakai olahraga juga gak papa lah yaa. Hasilnya berasa banget dibagian punggung belakang, lengan, perut, dan kaki. Keringat deras mengucur usai melakukan aerobik ini, padahal gerakannya biasa aja. Kalian bisa ikutan aerobik tersebut disini ya. Silahkan coba Senam Aerobik Low Impact.

KESIMPULAN
Poin-poin diatas adalah metode diet yang aku pakai ya. Yang sesuai dengan kondisi tubuhku. Sangat kusarankan kalian untuk mengenali tubuh kalian dulu, takutnya kalau kalian asal jiplak metode diet orang, kalian akan sakit, karena tiap tubuh orang beda-beda. Penyakitnya juga beda-beda. Kalian ingat, aku melakukan diet ini, setelah mengetahui diriku dari hasil dari medical check-upku. Setelah itu, kumpulin deh NIAT kalian, ingat2x terus niat tersebut dan mulai riset tentang pola diet seperti apa yang cocom untuk tubuh kalian. Kalau kalian bingung, silahkan hubungi dokter atau ahli nutrisi terdekat dari rumah kalian.

"YUK HIDUP LEBIH SEHAT, KURUS ADALAH BONUS"

Comments

Popular posts from this blog

Mari Mengenal Tanaman hias : Ruellia malacosperma, si Kencana ungu yang bisa hidup di mana aja. Kok bisa??

Mari Mengenal Tanaman hias : Turnera ulmifolia atau lebih akrab disebut kembang pukul 8. Looh, kok bisa?

Mari Mengenal Tanaman hias - Syzygium oleana, si Pucuk Merah yang bisa jadi apa saja.